Tolak Sakit dengan Empon-Empon

Hai Sahabat Pena!

Sekarang sudah masuk musim kemarau. Perubahan cuaca sering kali membuat tubuh kita cepat sekali masuk angin, atau istilah lainnya tidak enak badan. Badan pegal-pegal, kepala terasa berat, atau napas menjadi berat. Nah, kalau sudah ada keluhan seperti ini,  berarti tubuh perlu  asupan obat, vitamin, dan istirahat.

Untuk mengurangi obat-obatan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita, ada baiknya  kita menggunakan bahan-bahan alami yang biasa kita temukan di dapur atau yang kita kenal sebagai bumbu dapur. Ternyata, bumbu dapur  memiliki khasiatmengusir penyakit. Kita bisa mengolah bumbu dapur menjadi minuman tradisional sebagai pengganti obat. Minuman ini biasanya disebut empon-empon. Cara membuatnya mudah sekali. Masak Air di dalam panci. Masukkan jahe, kunyit serai, yang telah dikupas dan dicuci,  ke dalam rebusan air. Tambahkan kayu manis dan gula merah. Setelah mendidih, matikan kompor dan seduh ke dalam cangkir. Minuman ini bisa dinikmati kapan saja.

Empon-empon dipercaya bisa mengusir penyakit flu, batuk, sakit tenggorokan, demam, maupun masuk angin. Empon-empon lebih enak diminum dalam keadaan hangat. Selain mencegah masuk angin, minuman ini juga dipercaya bisa meningkatkan stamina.

Apalagi, dengan adanya wabah  Corona yang masih terus menyebar,  sahabat harus selalu menjaga daya tahan tubuh,  agar tidak mudah tertular.

Sahabat, semoga selalu sehat!

Foto: koleksi pribadi.

2+
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pillow talk
Read More

Pillow Talk, Pentingkah?

Membahas kehidupan rumah tangga, seolah tak akan habis. Banyak pahit manis yang harus dilakoni. Komitmen seumur hidup ini…