Latihan Menulis Cerpen dengan Tips Mudah Ini

menulis cerpen

Hai, Sahabat Pena!

Sebagai penulis, pastinya kalian pernah merasakan ide mentok alias tidak ada ide, atau mungkin kalian ingin menulis namun bingung mau menulis apa? Atau sudah lama tidak menulis, lalu lupa cara menuangkannya ke dalam tulisan. Jangan bingung apalagi putus asa. Banyak  penulis yang merasakan hal seperti itu.

Yang penting kita tidak boleh putus asa dan berhenti berlatih. Ada pepatah yang mengatakan, bisa karena biasa.

Ide bisa kita dapatkan dari kejadian sehari-hari, kejadian yang unik, lucu atau kenangan indah bersama keluarga tercinta saat berpiknik ke pulau. Bisa juga tentang benda yang ada di sekitar kita.

Yuk, kita coba latihan menulis bersama!

Caranya, kalau kita sedang berada di tepi jalan, apa saja yang ada di sekitar kita? Kita melihat ada mobil, debu, dan seorang polisi. Kalau kita tuangkan ke dalam tulisan, kira-kira bagaimana, ya?

Siang ini matahari memancarkan sinarnya dengan terik. Sudah pukul dua lebih lima belas menit. Aku harus segera kembali ke kantor karena ada meeting yang penting, namun apa daya ban mobilku kempes terkena paku. Aku sudah berupaya untuk mengganti dengan ban cadangan. Ternyata ban cadangan pun kempes dan tidak bisa digunakan. Apes!

Bajuku basah karena keringat. Aku menatap jalan raya yang berdebu dengan resah. Kalau saja tadi aku tidak ikut pergi mengantar Mimi ke client, mungkin sekarang aku sudah siap meeting di ruangan ber-AC dengan coffee break dan snack yang enak. Astagfirullah

Tiba-tiba seorang polisi datang menghampiriku.

“Selamat siang, Pak, Ada apa dengan kendaraannya, Pak?”

“Selamat siang, Pak. Ban mobil saya kempes, ban cadangan saya juga kempes. Jadi saya tidak bisa mengganti ban mobil, pak.”

“Kalau begitu lebih baik mobil Bapak diderek saja karena mengganggu kelancaran lalu lintas.”

Aku semakin lemas mendengar kata-kata Pak Polisi. Sudah panas, capek, berkeringat, malah keluar uang untuk membayar mobil derek lagi. Rugi Bandar, kata hatiku kesal.

Nah, Sahabat, sebuah cerpen pun selesai dibuat.

Agar lebih terasah keterampilan kita, Sahabat bisa menambahkan jumlah benda atau kenangan-kenangan lainnya yang akan kita tuliskan.

Selamat mencoba, ya!

Foto: Freepik.com

3+
1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like