5 Tips Merayakan Ulang Tahun Anak

Ulang tahun menjadi hari bahagia bagi anak-anak, dalam hal ini anak-anak prasekolah dan TK. Namun perlu dipertimbangkan dulu bila ingin merayakannya. Anak-anak umur satu atau dua tahun belum memahami makna ulang tahun. Kalau pun dirayakan, mereka belum bisa merasakan maknanya. Orang tua perlu menimbang juga bila ingin merayakan ulang tahun anak dengan mengundang badut misalnya. Ada anak yang ketakutan melihat badut. Alih-alih ingin membuatnya gembira, malah bisa menyebabkan dia histeris.

Tips merayakan ulang tahun anak:


1. Orang tua tidak mementingkan ego pribadi bila ingin membuat perayaan ulang tahun anaknya. Pertimbangkan kondisi mental dan fisik anak, apakah ia mudah rewel di keramaian atau takut badut. Sebaiknya tidak memakai hiburan badut bila si anak takut kepadanya. Membuat pesta adalah demi kepentingan si anak sendiri, bukan kepentingan orang tua.

2. Acara ulang tahun tidak di jam tidur anak, misal saatnya masih tidur siang. Hal ini untuk anak-anak yang masih usia satu sampai lima tahun atau usia TK. Mereka akan rewel bila masih harus bekegiatan di jam tidurnya.

3. Ruang pesta ulang tahun anak-anak juga perlu diperhatikan, baik bagi yang berulang tahun atau pun anak-anak yang diundang datang. Tempat tidak sempit dan tidak pengap atau panas.

4. Jika ingin memberikan kado, lihat dulu fungsi kado bagi perkembangan psikis anak. Pemberian kado menjadi cerminan cara orang tua mensosialisasikan kebiasaan kepada anak. Jika orang tua tidak ingin anaknya konsumtif, janganlah membiasakan memberikan barang-barang yang mahal.

5. Karena ini adalah pesta anak, anak akan menjadi raja atau ratu kecil di saat itu. Usahakan acaranya demi kenyamanan dan kebahagiaan anak, bukan demi kesenangan orang tua. 

2+
1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like