7 Usaha Rumahan Penambah Income di tengah Pandemi

Sahabat pena, saat ini semakin banyak  perusahaan gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja pegawainya akibat tidak mampu bertahan.   Hal ini tentunya ini sangat berpengaruh terhadap ekonomi keluarga, bukan?   Oleh karena itu kita harus memutar akal dan mencari cara untuk membantu income keluarga.   Nah, usaha apa yang dapat dilakukan?  Yuk, Kita simak alternatif usaha berikut!

1. Berjualan kue dan lauk matang.

Anda memiliki ketrampilan memasak kue atau membuat masakan rumahan, ada baiknya untuk mulai memasak beberapa lauk atau membuat kue itu.   Aneka kue selalu dicari dan dibutuhkan setiap hari.  Bisa sebagai menu sarapan, isian kotak kue acara rapat kantor, acara  keluarga, atau yang lainnya.   Begitu juga dengan olahan masakan matang.   Selanjutnya susun menu masakan andalan Anda, lalu promosikan melalui berbagai media.   Apabila kue dan lauk yang kita masak  sudah cocok dengan selera konsumen tentu mereka pasti akan senang hati memesan makanan yang kita masak itu.

2. Berjualan Frozen Food.

Olahan forzen food atau makanan beku  juga menjadi menu andalan yang banyak diminati konsumen.  Baik raw food yang dibekukan dan masakan yang sudah diolah matang lalu dibekukan.  Dengan bekal mesin pendingin yang memadai, kita sudah bisa berjualan olahan frozen food.  Tentukan jenis frozen food yang akan dijual.  Bisa dengan membuat sendiri olahan makanan yang kemudian dibekukan  atau kita menjadi reseller dari berbagai jenis produk frozen food yang telah ada.  Mudah, bukan?

3. Membuka usaha katering.

Jasa katering saat ini semakin diminati.  Dari menu khusus untuk penderita penyakit tertentu, menu diet, menu vegetarian atau menu rumahan biasa.  Katering bisa dilakukan  harian , mingguan atau bulanan.  Intinya, layanan jasa katering diberikan sebagai alternatif agar dapat memenuhi kebutuhan makan di rumah  tanpa harus memasak. Konsumen tinggal memilih menu, jumlah atau porsi pesanan yang diinginkan.  OK, kan?

4.  Menjadi Agen PPOB (Payment Point Online Banking).

Diam di rumah bukan berarti tidak melakukan apa-apa.  Kita dapat membuka layanan  pembayaran secara online dengan cara bekerja sama dengan vendor PPOB yang sudah terpercaya.  Dengan modal awal perangkat internet dan modal saldo di rekening tabungan anda maka anda sudah dapat mulai usaha ini.  Dari pembayaran listrik, cicilan kredit motor,  transfer antar bank maupun tarik tunai, dan sebagainya dapat dilakukan di sini.

5.  Membuka Laundry kiloan.

Usaha laundry menjadi usaha yang semakin diminati.  Alasan kesibukan membuat orang tidak sempat mencuci dan menyetrika pakaiannya, sehingga adanya usaha ini amat sangat membantu.  Dengan mesin cuci rumahan kita bisa menerima layanan cuci setrika dari tetangga.

6.  Berjualan pulsa telepon genggam dan pulsa listrik.

Hampir semua orang memiliki telepon genggam, sehingga mereka pasti membutuhkan pulsa maupun kuota internet, belum lagi banyak rumah-rumah yang menggunakan listrik dengan pulsa.  sehingga menjual pulsa dan pulsa listrik dari rumah akan memudahkan mereka untuk mengakses dan memenuhi kebutuhan tersebut.

7.  Berjualan Barang Kelontong

Bila Anda memiliki usaha toko kelontong.  Barang dagangan akan lebih cepat berputar ketika Anda melakukan pemasaran dengan menerima layanan pengiriman barang atau pesan antar produk sembako, gas, Air minum kemasan/galon yang tersedia di warung.  Pembeli adalah raja bukan?  mulai dengan promosi  di berbagai media yang dapat diakses oleh banyak orang.  Siap-siap rezeki tak terduga menghampiri ya.

Nah, yang terpenting dalam menjalankan usaha ini adalah selalu menjaga kepercayaan konsumen, jaga kualitas dan mutu usaha yang Anda lakukan dan jangan lupa  jaga protokol kebersihan dan kesehatan Anda.  Selamat mencoba, semangat!

Foto: Freepik.com

0
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like