6 Tips Sederhana Mengatasi Keseleo

Sahabat, kalian pasti tahu, kan, apa itu keseleo? Ya, saya mengalaminya pekan lalu saat merapikan kebun di rumah. Saya lupa bahwa permukaan tanah di kebun tidak rata, akhirnya saya terjatuh dan pergelangan kaki saya keseleo.

Setelah terjatuh, saya mulai merasakan sakit di seputar mata kaki yang nampak mulai membengkak. Saya langsung teringat beberapa cara sederhana untuk mengatasi keseleo yang diajarkan ibu saya, yaitu:

1. Istirahatkan bagian tubuh yang keseleo. Hindari terlalu banyak menggerakkannya, namun jangan tidak digerakkan sama sekali. Bila saat digerakkan masih terasa nyeri, tetap usahakan untuk menggerakkannya perlahan agar sendi tidak terlalu kaku. Boleh juga menggunakan alat bantu, misalnya kaki yang keseleo, memakai tongkat untuk berjalan.

2. Membuat ramuan herbal beras kencur untuk dioleskan pada area yang membengkak. Cara membuatnya mudah, ambil segenggam beras dan direndam dalam air selama kurang lebih setengah jam. Selama merendam beras, kita kupas dua ruas jari kencur lalu dicuci bersih. Setelah setengah jam, beras tadi dibilas sekali dengan air, kemudian tumbuk atau diblender sampai halus bersama kencur dan sedikit air. Setelah lumayan halus segera oleskan pada bagian yang membengkak lalu ditutup dgn kain. Rasa hangat dari kencur akan meringankan sedikit rasa nyerinya.

3. Bila di rumah tidak ada persediaan kencur, kita bisa mengompres bagian yang bengkak dengan es batu. Letakkan beberapa butir es batu ke dalam kain lalu usap-usap bagian yang bengkak dengan kain berisi es batu tadi selama 10 menit. Ini lumayan meredakan nyeri dan bisa diulang beberapa kali.

4. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada bagian yang bengkak, kita bisa gunakan perban. Namun, jangan mengikat perban terlalu ketat karena dapat menghambat sirkulasi darah di daerah yang bengkak. Saat membalut, jangan memulainya dari bagian yang bengkak. Mulai dari bagian yang tidak sakit, lalu bergerak ke bagian yang bengkak. Bila setelah diperban terasa makin sakit, kendurkan perban atau lepas sama sekali agar sakitnya berkurang.

5. Kita juga bisa mengoleskan salep analgesic yang bisa dibeli ditoko obat, pada bagian yang bengkak. Banyak merek salep ini yang dijual di toko obat, kita bebas memilihnya. Salep ini membantu mengurangi bengkak di bagian yang keseleo.

6. Pembengkakan juga dapat diatasi dengan cara memosisikan bagian tubuh yang cedera lebih tinggi dari letak jantung. Lakukan ini saat duduk atau berbaring, terutama ketika tidur di malam hari. Gravitasi dapat membantu menyembuhkan bengkak dengan mengalirkan cairan berlebih di area tersebut.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi keseleo yang dapat dilakukan di rumah.

Foto: Pixabay.com

0
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pillow talk
Read More

Pillow Talk, Pentingkah?

Membahas kehidupan rumah tangga, seolah tak akan habis. Banyak pahit manis yang harus dilakoni. Komitmen seumur hidup ini…