7 Tips Membuat Bakso Homemade yang Enak dan Kenyal

Musim hujan telah tiba.  Udara dingin membuat perut mudah terasa lapar, dan biasanya makanan berkuah panas menjadi sedap sekali untuk disantap.  Bakso tentu saja masuk dalam kuliner favorit di musim hujan.  Mungkin lebih tepatnya, bakso adalah kuliner favorit segala musim.  Penjual bakso banyak  dan mudah ditemui di seluruh penjuru kota, siap dinikmati pagi, siang, bahkan malam hari.    Namun, tidak ada salahnya sesekali mencoba membuat sendiri bakso homemade untuk dinikmati bersama keluarga.  Berikut tips untuk membuat  bakso yang  enak, kenyal saat dikunyah, namun gigitan pertama, terasa ‘kress’, garing.

1. Gunakan daging segar.

Daging yang diolah tiga jam sejak daging disembelih merupakan daging yang paling baik kesegarannya.

2. Tambahkan garam pada awal proses penggilingan.

Myofibril adalah protein dalam daging yang mempengaruhi tektur produk daging seperti bakso.  Penambahan garam akan melarutkan myofibril dan meningkatkan daya ikat air protein daging.

3. Masukkan air dalam bentuk es.

Air yang ditambahkan ke dalam adonan bakso haruslah bersuhu rendah, biasanya berbentuk es.  Fungsinya agar panas yang terbentuk dari gesekan gilingan tidak merusak adonan yang nantinya akan mempengaruhi kekenyalan produk akhir.

4. Tambahkan pati sebagai bahan pengisi.

Tepung pati yang ditambahkan biasanya berupa tapioka atau sagu.  Pati memiliki kemampuan untuk mengikat air.  Biasanya ditambahkan sekitar 50% pati dari berat daging sebagai bahan pengisi (pengganti daging).  Penambahan jumlah tepung terlalu banyak akan menutupi rasa daging dan kurang disukai.

5. Lakukan dua tahap pemasakan.

Sebaiknya bakso yang sudah dicetak/dibentuk, dimasak dua kali.  Pemasakan pertama di suhu sekitar 55-65oC.  Tujuannya adalah untuk membuat lapisan di permukaan bakso.  Lapisan ini nanti yang memberikan sensasi garing ‘kress’ saat bakso pertama kali digigit.  Pemasakan kedua dilakukan pada suhu >85oC untuk membuat bakso matang sempurna dan menciptakan tekstur kenyal.  Perhatikan suhu pemasakan jangan terlalu panas karena akan menyebabkan bakso merekah.

6. Kipas bakso segera setelah matang.

Bakso yang sudah mengambang dalam air rebusan menjadi tanda bakso siap diangkat.  Sebaiknya, segera setelah bakso ditiriskan, lakukan proses pendinginan dengan dibantu kipas.

7. Gunakan bahan pengenyal hanya bila diperlukan

Salah satu bahan pengenyal yang banyak digunakan adalah sodium tripolyphospat (STPP).

Bahan ini tidak mutlak diperlukan.  Jika daging yang digunakan adalah daging yang masih segar, maka tidak diperlukan bahan pengenyal.

Bagaimana Sahabat Pena, mudah, kan, tips membuat baksonya? Ayo, segera jadwalkan waktu untuk membuat bakso bersama keluarga di rumah!  Pelajari tips ini dengan baik, dan dapatkan bakso kenyal enak yang menggugah selera.

Foto: Freepik.com

2+
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like